topbella

Rabu, 06 Oktober 2010

Tugas 1. Organisasi.. ;))

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh


Saat saya duduk dibangku SMA, saya mengikuti organisasi Rohis.


Rohis adalah salah satu organisasi pelajar yang bergerak dibidang dakwah sokolah, sebagai organisasi pelajar islam yang memiliki kepribadian sendiri, karena itu perlu menghadirkan program kerja yang berorientasi pada nilai-nilai islam dan kegiatan-kegiatan sekolah. Dan merupakan salah satu upaya organisasi yang peduli dengan umat islam dilingkungan sekolah.


Tadinya saya mengikuti Rohis dengan maksud agar ilmu agama saya bertambah tentang Islam dan dapat belajar memperbaiki bacaan saya dalam bertilawah (membaca Al-Qur’an).
Tapi ternyata di dalam organisasi rohis tidak hanya di ajarkan mengaji, mengaji dan mengaji. Tapi disini kita pun dapat belajar berorganisasi selayaknya organisasi lainnya seperti osis, padus, pmr, paskibra, dll. Karena dengan seiringnya kebutuhan suatu wadah dakwah untuk pembinaan yang dapat mengimbangi roda zaman yang semakin berputar, maka bersama itu pula Isalamiyyah juga terus berkembang dengan seiring perkembangan nilai dan pemikiran manusia modern, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih.



Disini saya akan menjabarkan, apa saja kegiatan yang saya lakukan didalam organisasi Rohis ini dan saya juga akan menjabarkan apa tujuan Rohis dan progress Rohis.
Dalam rohis SMA Sejahtera 1 Depok, dibentuk untuk mencapai tujuan organisasi Rohis yaitu Islamisasi diri yaitu:
1.yang mampu menanggapi perubahah zaman dan mejadikan pola pemahaman yang berorientasi pada jiwa.
2.serta meningkatkan life skill dibidang keagamaan dan dapat menjadikan siswa/siswi yang sesuai dengan pemahaman islam yang kafah dan mampu mengembangkan dakwah dimasyarakat luas.


Didalam Rohis ada juga job progressnya lowh. Ini dia program kerjanya (JOB PROGRESS) yang ada didalam Rohis SMA Sejahtera 1 Depok 2008-2009.
Program Kerjanya (JOB PROGRESS)
1.DIVISI I , Pendidikan, dakwan dan syi’ar islam
Bertugas dalam :
Memperingati hari besar islam
Dakwah dan syi’ar islam
Mengadakan latihan-latihan yang bersifat keagamaan
2.DIVISI II , Humas, Kaderisasi dan SDM
Bertugas dalam :
Menyiapkan kader-kader ROHIS
Meningkatkan SDM
Menjalin hubungan baik dengan ekskul lain baik eskul dari sekolah SMA Sejahtera 1 Depok atau dengan ekskul sekolah yang lain.
3.DIVISI II , Kesekretariatan, Media Komunikasi dan Informasi
Bertugas dalam :
Memberikan informasi tentang kegiatan organisasi kepada semua siswa/siswi SMA Negeri 4 Tambun Selatan.
Mendokumentasikan kegiatan ROHIS
Memimpin rapat bidang informas
4. DIVISI IV, Keputrian
Bertugas dalam :
Memberikan laporan kegiatan keputrian (ceri, mentor, jaulah, dll) kepada ketua umum/ ketua faris(ketua alumni rohis SMA Sejahtera 1 Depok.
Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan keimanan, keilmuan dan keterampilan khusus anggota keputrian




Didalam job progress ini saya menjabat dalam divisi dakwah. Dalam divisi keputrian saya hanya ikut dalam programnya/kegiatan yang di adakan oleh divisi keputrian, karena setiap putri/akhwat dianjurkan untuk ikut dalam program divisi keputrian. Didalam Divisi Keputrian saya mengukuti kegiatan sebagai berikut :
saya ikut mentor. Di dalam mentor qta dibagi dalam beberapa orang. Lalu dalam setiap mentor berbeda materi dalam mempelajari Islam tapi masih dalam jalur yang sama yang telah di berikan oleh ketua keputrian. Didalam metor kita akan lebih dalam mempelajari tentang Islam, contoh materi yang telah saya pelajari seperti:
a.Marifatullah (mengenal ALLAH)
b.Fadhilah Al-Qur’an (keutamaan Al-Qur’an)
c.Marifatul Islam (mengenal Islam)
d.Sholat
e.Akhlaq
f.Bencana Lidah
g.Hisbus Syaetan (mengenal setan)
h.Sabar
i.Aqidah
j.Fikih
k.Tanda-tanda akhir zaman/Kiamat
l.Taubat, dll
Itu semua materi-materi mentor yang telah saya dan teman-teman pelajari. Dalam hal ini saya masih dalam pembelajaran untuk mempelajari Islam karena masi banyak hal yang saya tidak tau dan saya belum pelajari. Semoga ALLAH masih memberi saya kesempatan untuk mengenal Islam lebih dekat. Amin. 
Saya juga ikut ceri (cerita islami). Ceri selalu diselenggarakan setiap hari jum’at, di musollah As-salam (musollah SMA) ketika para ikhwan (laki-laki) sholat jum’at di masjid. Ceri dilakukan untuk menjalin silahturahmi antara akhwat senior, junior dan siswa yang baru mau masuk atau ingin mengikuti organisasi Rohis. Kegiatan ceri itu meliputi, pertama pembukaan yang membaca tillawah lalu dengan membaca materi yang disampaikan oleh pembicara (pembicara ditentukan oleh ketua divisi keputrian) lalu dengan makan rujak bersama, bukan hanya rujak kadang makan es krim,dll. Lalu dilanjutkan dengan games yang memberikan hikmah didalamnya.
Selain itu saya juga ikut rapat ketika Rohis akan mengadakan acara, seperti Maulid Nabi, MOPD pada siswa baru masuk sekolah, dll.
Didalam Rohis ini saya bukan hanya belajar Islam tetapi disini saya juga menemukan jati diri saya sebagai wanita yang wajib berjilbab. Dapat mengemukakan pendapat pada saat berlangsungya syuro (rapat). Dapat mempunyai temen-teman yang mengajak kebaikan, jadi saya dapat diingatkan ketika saya melencong dari jalur Islam.
Jadi, gag ada tuh yang namanya Islam mengajarkan kekerasan apalagi terorisme!! Islam itu cinta damai. 




Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
arinii :))
i'am just a simple girl . forgot the past and start my new life with a mature attitude and every day with SMILE :)
Lihat profil lengkapku